Sunday, November 27, 2016

USB TIDAK TERBACA DI LAPTOP

Penyebab USB Tidak Terbaca Dan Cara Mengatasinya

Salam seejahtera bagi pembaca semoga kita sehat selalu, terimakasih sudah mengunjingi tulisan saya, kali ini saya akan mencoba membantu anda auntuk mencari tau dan menyelesaikan masalah anda yaitu usb tidak terbaca di laptop dan mencari tau penyebabnya, ada beberapa penyebab usb tidak bisa terbaca di laptop atau di notebook, diantara penyebab itu adalah karena driver belum terinstal, karena port usb rusak dan terahir karena cipset laptop anda rusak.

Pada permasalahan usb tidak bisa terbaca yang disebabkan drivernya belum terinstal itu hanya terjadi pada usb 3.0 saja, untuk mengetahui ciri usb 3.0 dan usb 2.0 cukup mudah, karena usb 3.0 fisiknya berwarna biru pada portnya dan untuk usb 2.0 fisiknya portnya berwarna hitam, Jika yang tidak berfungsi adalah port berwarna biru atau usb 3.0 silahkan anda download drivernya sesuai dengan merk, windows, dan type laptop yang anda miliki, maka akan tersedia banyak sekali driver yang bisa anda download, jika sudah terinstal bisa dipastikan usb 3.0 anda akan normal kembali.

Penyebab usb tidak terbaca selanjutnya adalah karena port usb rusak, jika port usb anda tidak bisa mendeteksi usb yang masuk silahkan lihat fisik port atau lubang, bandingkan dengan lubang yang lain apakah ada perbedaan semisal pecah, kendor atau ada besi yang melengkung maka penyebabnya bisa jadi adalah karena portnya memang benar rusak, solusinya adalah dengan cara mengganti port usb tersebut, pastinya jika anda tidak bisa memasangnya anda harus menyerahkan kepada yang lebih profesional yaitu tukang servis, jika anda mencoba sendiri hati2 karena beresiko pada sort atau konslet sehingga akibatnya akan lebih fatal.

Terahir adalah usb tidak bisa terbaca di laptop karenan cipset pada mainboard anda rusak atau secara sederhana mainboard laptop anda rusak, kerusakan cipset sering sekali dialami pada laptop atau notebook yang menggunakan prosesor AMD, tapi sebelum itu silahkan teliti kembali port usb anda apakah ada kerusakan fisik apa tetap sama dengan port lain yang usbnya normal, jika secara fisik tidak ada kerusakan maka bisa dipastikan yang rusak adalah cipsetnya. solusinya adalah dengan rebal cipset atau mengganti cipsetnya, tentunya yang bisa adalah tukang servic yang sudah profesional.

Padaproses penggantinan atau rebal cipset ada resikonya, resikonya adalah ketika proses rebal cipset gagal maka bisa jadi laptop anda akan mengalami blank (layar nyala hitam) jika sudah begini dipastikan laptop anda tidak bisa diperbaiki dan silahkan ganti dengan laptop yang baru.

Sekian artikel saya kali ini jika masih ada pertanyaan silahkan bisa menghubungi nomor kami, jika ingin servis laptop juga bisa, ato mau jual beli laptop bekas juga bisa, kami juga melayani jual beli laptop rusak jika anda berminat. sekian dari saya semoga tulisan ini bermanfaat

No comments:

Post a Comment