Thursday, November 24, 2016

CARA MEMBEDAKAN RAM DDR1, DDR2 DAN DDR3 DENGAN MUDAH

Perbedaan Ram DDR1, DDR2, dan DDR3


Tulisan ini saya buat berdasarkan pelangan menangani pelanggan yang tidak bisa membedakan perbedaan ram DDR1, DDR2 dan DDR3. biasanya para pelanggan yang akan memberi ram laptop ke basscom service laptop semarang tidak mengerti ram jenis DDR berapa yang mereka ingin ganti dengan begitu hasilnya miss komunikasi harga. untuk harga ram itu sendiri tidak sama antara DDR1, DDR2 dan DDR3, ram DDR1 lebih mahal daripada ram DDR2, begitu juga dengan Ram DDR2 yang lebih mahal dengan ram DDR3.

Penyebab mahalnya ram itu karena Ram DDR 1 diproduksi lebih awal dari pada ram DDR2 begitu juga seterusnya, karena langka atau sulit di dapatkan maka tentunya yang langka lebih mahal, berbeda dengan ram DDR3 sekarang ini banyak sekali atau sangat mudah di dapatkan, akan tetapi ram DDR 3 sekarang sudah banyak jenisnya, ada beberapa laptop yang sama sama DDR3 akan tetapi tidak bisa dimasuki ram DDR3 lain karena jenisnya beda, dia hanya mau dipasangi ram DDR3 dengan jenis yang sama. ram itu biasanya mempunyai kode PC3L seperti pada gambar ini
Pada stiker yang menempel di ram memang ada yang ada tulisannya DDR berapa ram itu, akan tetapi hal itu langka dan kebanyakan malah tidak ada tulisannya, bahkan ada juga beberapa stiker yang tidak menampilkan berapa gb kapasitas ram tersebut.

Adapun mengenai perbedaan ram laptop DDR1, DDR2 dan DDR3 sangatlah mudah, saya akan memberikan perbedaan secara ringkas saja, perbedaan itu bisa kita lihat secara fisik, jika anda melihat ram laptop entah itu DDR1, DDR2 dan DDR3 pasti pada bagian soket yang di tanam pada board ada lubang, lubang itulah yang membedakan antara ram DDR1, DDR2 dan DDR3, lubang ram DDR1 agak kepinggir, dan lubang ram DDR2 agak ke tengah dan juga ram DDR3 lebih ketengah, jika anda melihat gambar berikut pasti anda akan mengerti. 


Cukup musah bukan cara untuk membedakannya. demikian tulisan darisaya terkait dengan cara membedakan ram DDR1, DDR2 dan DDR3 semoga bermanfaat, jika anda ingin bertanya tanya seputar trobel pada laptop atau ingin jual beli laptop bekas atau juga ingin membeli ram laptop juga ingin servis laptop maka anda bisa menghubungi basscom service laptop semarang.

No comments:

Post a Comment