Thursday, June 1, 2017

CARA MEMPERBAIKI MOTHERBOARD LAPTOP

Belajar Memperbaiki Motherboard Laptop

Terimakasih saya ucapkan sudah mengunjungi webset saya, pembahasan kali ini kita akan membicarakan tentang cara servis motherboard laptop atau notebook, jika anda mempunyai laptop atau notebook maka tentunya suatu saat pasti anda akan mengalami kerusakan laptop atau notebook anda tepatnya pada motherboardnya, kerusakan motherboard laptop adalah kerusakan yang sangat mencemaskan.

Kenapa saya bilang mencemaskan karena servis motherboard adalah servis bagian laptop yang sangat sulit jika servisnya mengalami kegagalan maka solusi terahit adalah ganti motherboard, permasalahannya adalah motherboard laptop atau notebook sangat sulit di dapat kan terutama motherboard kondisi bekas, hal itu karena rata rata laptop yang di jual secara ecer atau dalam bahasa servis laptop sering disebut dengan kanibalan adalah laptop yang rusak pada motherboardnya.

Maka dari itu motherboard dengan kondisi bekas sangat sulit didapat, sedangkan untuk mendapatkan motherboard dengan kondisi baru itu juga sangat misterius, kenapa saya bilang misterius, karena saya pikir tidak ada yang jual meskipun kita cari tahu ke service center laptop dengan merek tertentu, biasanya mereka bilang ada akan tetapi memberi harga selangit yang saya bilang mustahil jika orang membelinya, saya pikir hal itu memang disengaja untuk membuat pelanggan tidak membeli, karena barangnya memang tidak ada.

Sulitnya servis motherboard laptop atau notebook hal itu juga yang menyebab biaya untuk servis motherboard sangat mahal, hal itu karena proses eksekusinya membutuhkan ketlatenan dan kecermatan dan resiko, kenapa saya bilang beresiko? karena jika proses servis motherboard gagal maka akan terjadi kerusakan motherboard bertambah parah. Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membeerikan detail servis motherboard secara keseluruhan.

Namun saya hanya akan memberikan pengetahuan mendasar dan pengetahuan alat yang sangat minim untuk untuk melakukan service motherboard paling sederhana, adapun hal yang anda butuhkan adalah motherboard anda yang rusak, multi tester baik yang manual atau digital, flug, sedikit patri, blower atau solder uap dan skema yang disesuaikan dengan merk dan type laptop karena setiap merk dan type laptop memiliki skema yang berbeda beda. 

Mengenai prakteknya anda bisa membaca skema untuk mencari kerusakan laptop untuk mengetahui komponen atau bagian mana yang rusak untuk kemudian diganti dengan komponen yang bagus. 

No comments:

Post a Comment